lihat juga

just look

Monday, January 26, 2009

kumpulan Foto Gerhana 26 januari 2009

Lintasan Gerhana

Gerhana Matahari pertama di tahun 2009 ini terjadi saat Bulan ada di titik simpul naiknya (ascending node) di daerah rasi Capricornus. Gerhana ini termasuk dalam rangkaian gerhana Saros 131. Gerhana Matahari Cincin akan dapat teramati pada daerah yang cukup luas, melewati Samudera Hindia dan bagian barat Indonesia. Gerhana Matahari Sebagian akan dapat diamati dari daerah yang lebih luas, mencakup bagian selatan Afrika, Madagaskar, Australia kecuali daerah Tasmania, tenggara India, Asia tenggara dan Indonesia.

Pada gambar di atas ini, kedua garis biru masing-masing menandai batas paling utara ("atas") dan paling selatan ("bawah") untuk dapat menyaksikan fase cincin GMC. Garis merah adalah jejak greatest eclipse, yaitu momen yang berlangsung ketika jarak sumbu bayang-bayang Bulan dengan pusat Bumi mencapai maksimum. Animasi di bawah ini menunjukkan daerah mana saja yang dapat mengamati gerhana tersebut (sumber: NASA).



gerhana 1



Berikut ini foto gerhana matahari cincin yang diambil dari berbagai media online














Gerhana dilihat dari Jakarta (Foto: Ramadhian Fadillah/ detikcom)


















Awan menutupi gerhana matahari yang tampak dari kawasan Jakarta Selatan pada pukul 16.54.54 Posisi gerhana di Jakarta tidak sepenuhnya berbentuk cincin. TEMPO/Budi Yanto


















Puncak gerhana matahari cincin bisa dilihat dengan jelas di Bandarlampung, Provinsi Lampung. Reuters/Beawiharta.(detik.com)

Kuala Lumpur

Menjelang gerhana matahari suasana tampak sangat cerah hanya sedikit berawan. Sekitar KLCC sangat ramai banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang berkeliling seputar taman.




Saat bulan mulai menutup matahari. Suasana masih sangat terang. Dengan bantuan lensa 400mm cukup membantu memfocuskan pada matahari. Memotret sambil berlindung dibawah pohon. Terlihat awan tipis menutupi matahari, namun membuat agak sedikit redup.

Lihat gerhana secara online di : http://bosscha.itb.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=65&Itemid=103

0 comments:

Post a Comment

baca juga

 
© Copyright by Variasi Dunia  |  Template by Blogspot tutorial